Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

Ini Efek Mengerikan Bila Kamu Terlalu Sering Menggunakan Softlens

  RN7      

Pengaruh Buruk Pemakaian Softlens Yang Terlalu Sering Bagi Bola Mata


Menggunakan kontak lens menjadi alternativ lain bagi mereka yang merasa tidak nyaman saat menggunakan kacamata. Dari itu dengan adanya softlens pengganti kacamata, penggunanya akan merasa lebih percaya diri karena tak terganggu lagi dengan ketidaknyamanan penggunaan kacamata.

Efek buruk bagi bola mata bila terlalu sering menggunakan softlens

Tapi, yang menarik adalah, softlens yang kita kenal sebagai alat bantu penglihatan ini, ternyata memiliki resiko yang berbahaya bila penggunaannya terlalu sering. 

Tenang, kamu yang udah terlanjur biasa menggunakannya jangan panik dulu, yuk kita cari tahu efek berbahaya apa saja yang harus di tanggung bila menggunakan softlens terlalu sering.

IRITASI ATAU MATA KERING 

Dengan terlalu seringnya penggunaan softlens, akan membuat jumlah air mata yang diterima kornea kita menjadi berkurang. Itulah sebabnya bila kita menggunakan softlens, diharuskan selalu membawa tetes mata khusus yang tujuan utamanya agar mata tidak menjadi kering.

PERUBAHAN BENTUK BOLA MATA

Mata bisa kehilangan bentuk aslinya. Ini bisa terjadi diakibatkan penggunaan softlens dalam jangka waktu yang cukup lama, dan perubahan bentuk bola mata kita akan berubah mengikuti bentuk softlens yang digunakan.

TINGKAT KEPEKAAN MATA MENURUN

Seringnya permukaan mata tersentuh oleh softlens, itu akan membuat mata menjadi kurang peka kurang peka. Respon mata tak lagi sensitif ketika dicoba melihat objek baik jauh ataupun dekat. Ini akan terus terjadi bila mata kita terlalu sering menderita iritasi dan infeksi saat menggunakan softlens dalam jangka waktu yang lama.

EDEMA DAN LEUKOMA

Edema, biasa orang awam menyebutnya dengan sembab atau bengkak, bisa terjadi karena mata merah dan berair saat pelepasan softlens dari mata. Jagalah selalu kebersihan softlens dan selalu gunakan dengan cara yang benar. Sedangkan Leukoma, akan terjadi saat keadaan mata terinfeksi yang akhirnya menimbulkan bercak putih pada kornea mata. Bercak putih itu sangat membahayakan selalu terhadap penglihatan kita.

KATARAK

Berikutnya adalah Katarak. Jangan berfikir penyakit rabun ini hanya akan menyerang orang dengan usia lanjut saja. Penggunaan softlens dalam waktu lama, bisa juga menyebabkan kerusakan kornea mata, yang akhirnya kinerja kornea mata terganggu dan menjadi pemicu munculnya katarak.

Ngeri juga ya ternyata Efek Buruk Berbahaya Menggunakan Softlens Terlalu Sering. Jadi mulai sekarang, yuk kita susun jadwal penggunaan softlens kita agar mata tak menjadi berketergantungan untuk menggunakan soflens demi menjaga resiko yang mengerikan tadi. Diiringi juga rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. 

Tak lupa juga, jangan memakai softlens ketika Anda tidur loh. Lepaskan softlens ketika hendak tidur untuk menjaga kemungkinan softlens mengalami kerusakan di dalam mata. Mengapa menggunakan softlens saat tidur berbahaya, sebab meski kita sedang  tidur dan oksigen pada mata menjadi berkurang, softlens yang kita kenakan masih terus bergerak yang tak menutup kemungkinan membuatnya menjadi sobek.

Baca Juga :


logoblog

Kamu Baru Saja Membaca Ini Efek Mengerikan Bila Kamu Terlalu Sering Menggunakan Softlens. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.