Selamat Datang Di Rumah Informasi Seputar Kesehatan, Info Unik, Gaya Hidup, Dan Teknologi Beserta Tips Dan Trik Bermanfaat

5 Kebiasaan Salah Yang Bisa Merusak Ginjal

  RN7      

Manusia mempunyai dua buah organ ginjal yang begitu penting dalam filterisasi darah manusia, tugasnya untuk mengatur elektrolit dalam darah dan menyingkirkan racun dari dalam tubuh kita. Kerusakan pada salah satunya itu akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.


Beberapa kebiasaan-kebiasaan atau gaya hidup yang tidak sehat setiap harinya bisa memicu kerusakan pada ginjal. Oleh karena itu, mulai dari sekarang sebaiknya buang jauh-jauh kebiasaan yang bisa memicu kerusakan pada ginjal seperti kutipan berikut ini.

1. Mengkonsumsi daging berlebihan
Mengkonsumsi daging terlalu banyak juga bisa merusak ginjal dalam jangka panjang. Kadar protein yang tinggi dalam daging akan meningkatkan beban pada organ ginjal. Begitu juga dengan gula, terlalu banyak mengkonsumsi gula juga bisa menigkatkan kadar protein dalam sistem tubuh yang dapat membebani kinerja ginjal. Bahkan, air seni yang dikeluarkan sudah mengandung tinggi protein, bisa jadi awal masalah pada ginjal.

2. Terlalu banyak konsumsi makanan asin
Mengonsumsi makanan asin secara berlebihan maka organ ginjal akan bekerja lebih keras dalam mengatur keseimbangan elektrolit dalam darah yang akhirnya bisa memicu kegagalan organ.

3. Kurang minum air putih
Banyak dokter yang menyarankan untuk mengonsumsi delapan gelas air putih dalam sehari memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya yaitu bisa mencegah kerusakan pada ginjal. Seperti yang kita ketahui, ginjal mempunyai tugas menyaring racun dan zat-zat kimia yang masuk dalam tubuh, bila kurang mengkonsumsi air putih maka akan memperberat kinerja ginjal dan akan menimbulkan kerusakan lebih dini. Namun Anda juga jangan terlalu banyak minum, sebab terlalu banyak minum juga tidak baik untuk ginjal.

4. Kurang tidur
Kurang tidur merupakan salah satu kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan ginjal Anda. Ketika sedang tidur, secara otomatis tubuh kita bisa memperbaiki jaingan yang rusak ada ginjal.

5. Sering menahan buang air kecil
Menahan buang air kecil biasanya saat terjebak macet, ataupun lagi jauh dari toilet. Bila hal tersebut terlalu sering dilakukan, maka akan membahayakan ginjal. Hal tersebut bisa menyebabkan akumulasi bakteri dalam organ ginjal.

Selain 5 hal itu, beberapa obat pereda rasa sakit selain mengganggu fungsi liver, juga bisa membunuh ginjal Anda secara perlahan jika dikonsumsi berlebihan. Mengkonsumsi alkohol terlalu banyak juga bisa menyebabkan endapan asam urat dalam tubulus ginjal. Hal tersebutlah yang akan mengakibatkan gagal ginjal.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari mulai sekarang. Atur gaya hidup yang sehat supaya ginjal Anda tetap terjaga kesehatannya.

logoblog

Kamu Baru Saja Membaca 5 Kebiasaan Salah Yang Bisa Merusak Ginjal. Jangan Lupa Komentar Dan Share

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca ulasan-ulasan menarik yang kami sajikan, tinggalkan juga jejak kehadiran kamu di kolom komentar ya gaez. Bila ada kritik dan saran, sampaikan pada kami melalui menu layanan Contact Me. Kebijakan blog ini, tidak mengizinkan meninggalkan link aktif, dan tidak memperkenankan penggunaan kata-kata yang mengandung sara.